Uncategorized

Jajaran Unit Resmob Polres Malang, Amankan Residifis Pelaku Curas

Spread the love

Malang, OMnews (Oegickmedianews.com)

Jajaran Unit Resmob polres Malang dan polsek Turen, berhasil amankan satu orang pelaku tindak pencurian dengan kekerasan (curas), pada Rabu (27/6), dengan Tempat kejadian perkara (TKP)
Di area persawahan Rt. 03 Rw. 11, Desa Talok Kecamatan Turen Kabupaten Malang.

Adapun pelaku curas yang berhasil diamankan petugas, sebut saja, Gimin (60 tahun), warga Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang, bersama barang bukti (BB), 2 cincin dan 1 gelang (emas imitasi), 1 dompet tempat uang, 1 karung sak berisi beras (dibeli dari uang hasil kejahatan), 1 unit sepeda motor Hepy dengan nopol N-2296-EG (sarana kejahatan), 1 helm (alat memukul korban), 1 kemeja pelaku warna coklat, dan 1 celana panjang.

Sementara itu, Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung ,S.I.K., M.Si., melalui kasubag humas, AKP Ainun Djariyah SH., Jum’at (28/6/19) pukul 18.30 wib, kepada OMnews membenarkan atas penangkapan pelaku.

Tersangka atau terduga pelaku Curas, Gimin, berhasil diamankan petugas berkat keuletan jajaran resmob dalam pengembangan dari laporan korban, tuturnya.

“Pelaku diamankan petugas di
Jalan Sumber Taman Rt. 13 Rw. 04 Desa Brongkal Kecamatan Pagelaran Kabupaten Malang, kamis (27/6) sekitar pukul 21.00 wib, tanpa perlawanan,” tandasnya.

AKP Ainun Djariyah menambahkan keterangannya, adapun modus pelaku, Saat bertemu korban SR, dijalan, pelaku mengajak korban pergi kerumahnya dengan dibonceng sepeda motornya.

“Pura-pura akan memberi uang kepada korban dan peralatan Sholat”

Namun ditengah perjalanan, korban dipaksa turun dari sepeda motor, oleh pelaku.

“Sehingga korban jatuh, dan pada saat korban posisi terjatuh, pelaku mengambil barang milik korban yang didahului dengan tindak kekerasan,” ungkapnya.

Dengan cara memukul kepala korban menggunakan helm pelaku, yang berakibat luka robek pada pelipis kiri korban, dan tulang lengan korban retak.

Adapun barang yang diambil pelaku, sebuah dompet berisi uang Rp 400.000,-, dan 1 gelang, 2 cincin,

“semuanya emas imitasi”

Adapun kronologis penangkapan pelaku, dari hasik lidik yang diperkuat dengan bukti petunjuk rekaman CCTV, bahwa pelakunya curas, terhadap korban SR, dengan tersangka Gimin, yang tidak berapa lama baru keluar dari Lembaga pemasyarakatan (LP) dalam kasus Curas, jelas Humas.

“Berdasarkan dari hasil lidik pula, pelaku berhasil diamankan dirumahnya, dan telah ditemukan BB hasil kejahatan dan BB lainya.”

Sebelum dilakukan penangkapan, serta info dari keterangan korban SR, merupakan perkara pencurian biasa, namun dari pengembangan setelah pelaku diamankan, diperoleh petunjuk dari keterangan pelaku serta keterangan tambahan korban lainnya, dan bukti bukti, diduga keras perbuatan pelaku, seperti dimaksud, “modus pelaku hampir sama dengan unsur-unsur pasal 365 KUHP,” ujar kasubag humas perjelas keterangannya.

Dan saat ini, pelaku diamankan di Polsek Turen untuk proses sidik dan pengembangan perkara lainya, tutup keterangannya.
(Samsul Arifin)

Tentang Penulis

UU Pers No.40 Tahun 1999

Pasal 4 ayat (3) : Untuk menjamin kemerdekaan pers, pers nasional mempunyai hak mencari, memperoleh dan menyebarluaskan gagasan dan informasi.

Undang-Undang tentang Pers memberi sanksi kepada mereka yang menghalang-halangi kerja wartawan. Pasal 18 Undang-Undang tentang Pers menyatakan, "
Setiap orang yang secara melawan hukum dengan sengaja melakukan tindakan yang berkaitan menghambat atau menghalangi pelaksanaan ketentuan Pasal 4 ayat 2 dan ayat 3 dipidana dengan pidana penjara paling lama 2 tahun atau denda paling banyak Rp 500 juta."

PT.PAGAK MEDIA-Oegick Production Malang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!